Ini Dia Makanan dan Langkah Wajib Bagi Penderita Sinus

Sinus merupakan penyakit yang dapat dengan mudah kambuh. Jika pasien tidak pintar menghindarinya, sinus dapat kambuh lagi walaupun sudah dilakukan operasi. Sinusitis adalah sebuah peradangan di rongga sinus. Penyakit ini sering terjadi pada orang yang alergi terhadap pemicunya, seperti debu atau udara dingin. Seseorang lebih berisiko mengalami sinus jika ia sering menderita flu, infeksi pernapasan oleh bakteri atau virus, patah hidung dan adanya polip di hidung. Faktor-faktor lain seperti merokok, polusi air, penggunaan obat dekongestan (obat untuk meringankan hidung tersumbat), udara dingin, penyelam, penerbang dan berenang di dalam air yang tercemar juga dapat meningkatkan risiko. Gejala yang muncul mirip dengan flu biasa yang sering terjadi pada musim hujan, seperti pilek, hidung tersumbat, hidung berlendir, demam dan sakit kepala (biasanya setelah bangun tidur), lendir berwarna kuning atau kehijauan, bau mulut, batuk, demam tinggi (di atas 39 derajat Celsius), sakit gigi, dan kurang peka terhadap rasa dan bau.

Infeksi sinus yang menyebabkan nyeri wajah, bengkak atau demam harus dievaluasi oleh dokter. Menurut Livestrong, ada nutrisi tertentu yang dapat membantu para penderita sinus, selain mengonsumsi air yang cukup, yaitu: Nanas Nanas dapat membantu mengurangi sinus karena mengandung bromelain, enzim yang dapat membantu meringankan gejala sinus. Bromelain mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi inflamasi (radang) dan bengkak di bagian hidung. Ini didasarkan pada artikel yang dipublikasikan dalam Cellular and Molecular Life Sciences edisi Agustus 2001. Yogurt Yoghurt mengandung lactobacillus, yang merupakan probiotik (bakteri baik) yang dapat berkontribusi untuk mengurangi alergi sehingga tidak memperburuk infeksi sinus. Selain itu, probiotik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sayuran dan buah-buahan Quercetin merupakan enzim dalam pigmen tumbuhan yang berperan terhadap warna dalam sayuran dan buah-buahan. Pigmen ini juga bertindak sebagai antihistamin. Quercetin ditemukan dalam buah bit, aprikot, selederi, apel, jeruk, brokoli, kecambah, ceri, kangkung, bayam, pir dan persik. Pasien dengan penyakit sinus juga harus merespons dengan melakukan langkah-langkah berikut, seperti dilansir Sinuswars:
1. Segera mengobati alergi dan pilek
2. Gunakan filter udara untuk membantu menghilangkan alergen dari udara.
3. Hindari polusi udara seperti asap
4. Berhenti merokok
5. Mengurangi konsumsi alkohol
6. Sinus kronis atau akut harus mengurangi perjalanan udara. Karena gelembung udara terperangkap dalam tubuh mengembang seperti tetes tekanan udara di pesawat akan menekan jaringan di sekitarnya dan dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh Eustachio (saluran yang menghubungkan telinga ke tenggorokan). Jika Anda masih harus melakukan perjalanan, gunakan tetes hidung dekongestan atau inhaler sebelum penerbangan.
7. Minum banyak air
8. Hindari berenang di kolam renang berklorinasi
9. Hindari menyelam
10. Hindari suhu ekstrem yang terlalu panas atau dingin
11. Mandi uap
12. Mengurangi stres
13. Gunakan ramuan alami untuk memperlancar aliran lendir. (go4/ICH)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.